Wavy Tail
Tree

Kamis, 15 Juni 2023

Program Pengenalan Keberagaman Budaya dan Toleransi di Sekolah

Halo friends, 

        Kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan keberagaman budaya, etnis, agama, dan suku yang kaya. Namun, seringkali perbedaan ini menjadi sumber konflik dan ketidakpahaman antar kelompok. Oleh karena itu dibutuhkan penerapan pendidikan multikultural sejak dini untuk mencegah terjadinya dampak negatif tersebut. 

Sumber : https:mengeja.id
        Menurut Nuryanti (2020) menyatakan bahwa Pendidikan multikultural secara aktif menolak segala bentuk diskriminasi dan rasisme di sekolah dan masyarakat. Pernyataan tersebut memberikan konsep baru peran sekolah dalam menginternalisasikan nilai-nilai multikultural kepada siswa sangat penting. Apabila siswa-siswa tersebut telah ditanamkan dengan nilai-nilai toleransi, kerjasama, dan penghargaan terhadap perbedaan sejak awal, maka perilaku mereka akan mencerminkan nilai-nilai tersebut. Jika hal ini berhasil dimiliki oleh generasi muda, maka kehidupan masa depan yang diprediksi relatif damai dan saling menghormati dapat terwujud. Selain itu, pendidikan ini juga mengedepankan penerimaan dan pemahaman terhadap keberagaman yang disebut pluralisme dalam kehidupan siswa, guru, dan masyarakat, yang mencakup aspek ras, suku, bahasa, agama, ekonomi, dan gender. Penting untuk membangun kesadaran, penghargaan, dan pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman budaya di kalangan siswa agar dapat menciptakan masyarakat yang harmonis dan inklusif. 

        Salah satu solusi untuk permasalahan sosial budaya dan pendidikan yang dapat disosialisasikan kepada masyarakat Indonesia adalah "Program Pengenalan Keberagaman Budaya dan Toleransi di Sekolah".

    Program Pengenalan Keberagaman Budaya dan Toleransi di Sekolah bertujuan untuk mempromosikan pengertian, penghargaan, dan toleransi terhadap keberagaman budaya di kalangan siswa. Berikut adalah langkah-langkah implementasi program ini: 

  • Pembelajaran tentang Keberagaman Budaya: Materi pembelajaran tentang keberagaman budaya harus diintegrasikan dalam kurikulum sekolah. Hal ini dapat dilakukan melalui pengenalan tentang berbagai kebudayaan, tradisi, adat istiadat, bahasa, dan seni dari berbagai daerah di Indonesia. Materi ini dapat diajarkan dalam mata pelajaran seperti sejarah, budaya, agama, atau bahasa. Dengan demikian, Pendidikan  dalam berbagai bentuknya terbukti dapat berhasil dalam mengembangkan pemahaman budaya (Maulana & Helmy, 2018).
  • Mengadakan Acara Kebudayaan: Sekolah dapat mengadakan acara kebudayaan yang melibatkan siswa, guru, dan masyarakat setempat. Acara ini dapat berupa festival kebudayaan, pertunjukan seni tradisional, pameran budaya, atau lokakarya kebudayaan. Melibatkan komunitas lokal dalam acara ini akan menciptakan kesempatan untuk saling berbagi dan meningkatkan pemahaman antar kelompok.
  • Pelatihan Guru: Guru harus diberikan pelatihan khusus dalam pengenalan keberagaman budaya dan pemahaman antarbudaya. Pelatihan ini harus mencakup pemahaman mendalam tentang berbagai budaya, strategi pengajaran yang inklusif, dan keterampilan dalam menghadapi konflik atau ketidakpahaman antar siswa. Misalnya strategi pengajaran menganut kearifan lokal. Kearifan lokal yang ada dalam setiap masyarakat mencerminkan filosofi hidup yang menyatu secara holistik. Dalam perjalanan sejarahnya, kearifan lokal ini berhasil menciptakan keseimbangan yang harmonis antara manusia, sesama, dan lingkungan. Guru memiliki tugas untuk mengajar materi pembelajaran dengan menggabungkan konteks dengan nilai-nilai kearifan lokal, seperti contohnya Candi Prambanan di Jawa (Kusumawati & Rochmahwati, 2018).
  • Aktivitas Kolaboratif Antar Kelompok: Sekolah dapat mengadakan aktivitas kolaboratif yang melibatkan siswa dari berbagai latar belakang budaya. Misalnya, program pertukaran siswa antar sekolah, proyek kelompok yang melibatkan siswa dari berbagai budaya, atau kegiatan kerjasama dalam mengatasi masalah sosial atau lingkungan. Hal ini akan membantu memperkuat hubungan sosial antar siswa dan mengurangi stereotip negatif. Agar pengakuan terhadap hak-hak masyarakat adat diakui sebagai sesuatu yang penting, diperlukan materi pembelajaran yang mendorong siswa untuk menghargai hak-hak minoritas dan warga masyarakat adat. Tindakan ini dapat mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, sehingga tercipta saling penghargaan antara masyarakat dalam situasi multikultural (Widodo & Setiawan, 2016).
  • Pendidikan Nilai-nilai Toleransi: Sekolah harus memasukkan pendidikan nilai-nilai toleransi dalam kegiatan sehari-hari. Ini dapat dilakukan melalui pengembangan aturan sekolah yang mendorong penghargaan terhadap perbedaan, diskusi kelas tentang toleransi dan penghormatan, dan penggunaan contoh-contoh positif dari kehidupan sehari-hari yang menunjukkan keberagaman budaya.
  • Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat: Penting untuk melibatkan orang tua dan masyarakat dalam program ini. Orangtua memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman yang jelas mengenai pendidikan multikultural pada anak-anak sangatlah penting. Pemahaman ini sebaiknya dimulai sejak masa bayi, sejak dini (Setyowati & Hasanah, 2015). Cara lain sekolah dapat mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa untuk berbagi informasi tentang program dan menggali dukungan mereka. Melibatkan komunitas lokal dalam kegiatan sekolah akan membantu menciptakan kesadaran dan pengertian yang lebih luas tentang keberagaman budaya.

        Melalui Program Pengenalan Keberagaman Budaya dan Toleransi di Sekolah, diharapkan siswa akan tumbuh dengan pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman budaya, nilai-nilai toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan. Program ini juga dapat memperkuat ikatan sosial antara siswa, guru, orang tua, dan masyarakat, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis.

Referensi :

  1. Nuryanti, S. W. (2020). Integrating Multicultural Education in the Curriculum: A Case Study of Tolerance Program in Indonesian Schools. Journal of Education and Learning, 9(3), 366-373.
  2. Maulana, R., & Helmy, Y. (2018). Fostering Intercultural Understanding in Indonesian Schools: Challenges and Strategies. Journal of Intercultural Communication Research, 47(1), 20-38.
  3. Kusumawati, D., & Rochmahwati, L. (2017). Promoting Cultural Diversity in Indonesian Schools: A Case Study of Tolerance Education Program. Journal of Educational Social Studies, 6(2), 131-143.
  4. Widodo, P., & Setiawan, B. (2016). Developing Intercultural Competence through Multicultural Education in Indonesian Schools. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 5(2), 253-262.
  5. Setyowati, L. P. D. S., & Hasanah, U. (2015). Promoting Tolerance and Cultural Diversity through Multicultural Education in Indonesian Primary Schools. Journal of International Education Research, 11(2), 121-132.



0 komentar:

Posting Komentar